Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Ketahui Semua Jenis Metode Pembayaran yang Ada di Indonesia

Metode pembayaran kian berkembang seiring dengan perkembangan dunia digital. Jika dulunya kita hanya mengenal pembayaran tunai, kini kita juga bisa menikmati pembayaran non tunai atau online.

Banyaknya sistem pembayaran yang muncul juga menjadi faktor pendukung kemudahan dan kepraktisan transaksi jual beli yang mendorong meningkatnya penjualan.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Jika kamu ingin mendirikan sebuah usaha, macam-macam metode pembayaran ini wajib kamu ketahui. Selain membantumu mengambil keuntungan sepenuhnya juga memudahkan pelanggan untuk membayar menggunakan metode yang mereka inginkan.

Apa itu Metode Pembayaran?

Metode pembayaran adalah sebuah sistem dimana proses pengiriman dana dilakukan oleh pelanggan untuk membayar barang dan jasa dari penjual.

Ada berbagai jenis sistem pembayaran di Indonesia mulai dari pembayaran tunai hingga non tunai. Cara pembayaran online atau non tunai terasa aman berkat perkembangan teknologi. Bukan hanya bagi pembeli, metode ini sangat menguntungkan buat penjual.

Baca juga : Keuntungan Pembayaran Online Dibanding Tunai Bagi UMKM

Buat Toko Online Sendiri

Pembayaran Tunai (Offline)

Pembayaran tunai masih diminati masyarakat terutama di daerah yang tidak banyak ditemukan ATM atau kesulitan mendapatkan sinyal internet. Untuk itu, ada beberapa metode pembayaran yang bisa digunakan seperti:

1. Pembayaran di Gerai Ritel

Tidak semua orang yang membeli melalui media online seperti lokapasar (ecommerce) juga bisa membayar non tunai atau online. Inilah alasan pembayaran melalui gerai ritel seperti minimarket laris. Kamu cukup datang dengan membawa uang tunai atau melakukan transaksi dengan kartu debit di gerai ritel terdekat yang bekerjasama dengan tempat membeli barang.

2. Cash on Delivery (COD)

Pembayaran yang cukup diminati adalah Cash on Delivery atau pembayaran tunai saat barang sampai ditangan pembeli. Biasanya pembeli yang menggunakan metode pembayaran ini pembeli yang menginginkan keamanan dalam bertransaksi. Atau pembeli yang tidak memiliki rekening bank namun menginginkan kualitas produk terjamin dan demi menjaga keamanan dalam bertransaksi.

atur keuangan usaha

Pembayaran Non Tunai (Online)

Dalam kegiatan transaksi tersebut, berikut ini beberapa jenis metode pembayaran online yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia:

1. Transfer Bank & Virtual Account

Transfer melalui ATM adalah metode pembayaran yang paling diminati oleh pelanggan di Indonesia karena dianggap mudah dan aman. Transfer bank ini juga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja jika memiliki aplikasi mobile banking di ponsel pintar. Inilah alasan banyak bisnis yang memiliki layanan tersebut sebagai salah satu metode pembayaran. Selain itu, layanan yang sering digunakan dalam transfer bank adalah melalui virtual account. Metode pembayaran ini memungkinkan pebisnis untuk menerima dana dari berbagai macam rekening bank dalam satu rekening penampung saja.

2. QR Code

Metode pembayaran online yang kian dikenal adalah QR Code atau Quick Response Code. Kemudahan metode ini yang hanya perlu menggunakan ponsel pintar untuk membidik QR code yang tertera, membuat pembayaran lebih cepat dan praktis. Untuk mendukung kemudahan pembayaran ini pun, Bank Indonesia telah mencanangkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Inovasi ini memungkinkan setiap pebisnis untuk memiliki cukup satu kode batang (barcode) untuk menerima pembayaran dari berbagai macam kanal.

atur keuangan usaha

3. Kartu Debit

Alat pembayaran yang satu ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat sejak bank bermunculan, yaitu kartu debit atau biasa disebut ATM. Sayangnya, metode pembayaran menggunakan kartu debit memiliki batas transaksi dalam sehari sehingga biasanya digunakan untuk transaksi nontunai dalam jumlah tertentu..

4. Kartu Kredit

Kartu kredit adalah metode pembayaran yang sering digunakan tidak hanya individu namun juga banyak perusahaan. Kelebihan dari kartu kredit adalah dapat digunakan untuk berbelanja baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu para penerbit kartu kredit di Indonesia juga kerap menawarkan cicilan berbunga ringan ataupun promo lainnya. Tidak heran, minat masyarakat untuk menggunakan metode pembayaran ini semakin meningkat.

5. PayPal

Metode pembayaran menggunakan sistem e-digital ini digandrungi karena bisa menerima ataupun membayar menggunakan mata uang yang berbeda. Banyak pebisnis online yang sering memanfaatkan PayPal untuk melakukan transaksi di luar negeri. Selain itu, banyak freelancer (pekerja lepas) yang menerima bayaran dari klien di luar negeri menggunakan jenis pembayaran ini.

6. Kredit Tanpa Kartu

Dengan semakin berkembangnya industri teknologi keuangan (fintech), semakin banyak pilihan metode pembayaran. Salah satunya adalah kredit tanpa kartu. Dengan metode ini, pembeli dapat membayar transaksi online secara cicilan walau tak punya kartu kredit. Pembeli harus mendaftarkan diri dulu untuk bisa menggunakan layanan ini.

7. Rekening Bersama (RekBer)

Metode pembayaran ini menguntungkan kedua belah pihak antara penjual dan pembeli. Rekening bersama bisa ditemukan di lokapasar atau marketplace dan juga di situs penyedia jasa freelance. Rekber melibatkan pihak ketiga yang berarti pembayaran dari pembeli akan masuk ke rekening penjual jika pembeli telah mengkonfirmasi barang yang dibeli sudah sampai di tempat tujuan.

8. Dompet Digital (E-Wallet)

Dompet digital atau e-wallet merupakan istilah yang sangat familiar. Bahkan, pada beberapa platform lokapasar (marketplace) dan toko offline juga menyediakan sistem pembayaran melalui dompet digital untuk kemudahan pembayaran. Meskipun begitu, pembayaran dengan dompet digital masih memiliki beberapa keterbatasan karena hanya dapat dilakukan pada toko tertentu yang sudah bekerjasama dengan salah satu perusahaan penyedia dompet digital. Namun, kemudahan penggunaan e-wallet masih membuatnya masih sangat diminati.

Baca juga : Cara Melakukan Pembayaran Tanpa Ribet Pakai BukuWarung

Mengenal Fitur Bayar BukuWarung

Untuk kemudahan para Juragan berbisnis, BukuWarung juga menyediakan fitur Bayar untuk membayar cicilan atau tagihan ke supplier. Fitur ini praktis dan tidak pakai lama cukup di satu aplikasi. Metode pembayarannya pun lengkap mulai dari transfer bank, gerai ritel, hingga dompet digital pilihan. 

Eits, gak cuma itu. Juragan juga gak perlu repot mencatat semua pengeluaran karena pembayaran dengan fitur Bayar akan tercatat otomatis! Juragan bisa monitor melalui Riwayat Pembayaran untuk memastikan keberhasilan proses pembayaran. 

Mau pembayaran tanpa repot? Yuk, langsung download aplikasinya dan gunakan fitur Bayarnya!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download