Download Gratis
Butuh bantuan?

Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi (“Kebijakan”) ini ditebitkan oleh PT Buku Usaha Digital, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia dan berkedudukan di Jakarta Selatan (“Perusahaan”, “Kami”, “BukuWarung”). Dalam rangka memastikan agar setiap Data Pribadi Anda selalu terlindungi ketika Anda mengakses (i) fitur dan layanan aplikasi yang dikembangkan oleh BukuWarung dan (ii) situs web https://bukuwarung.com/ yang disediakan dan dikelola oleh BukuWarung (“Platform”). Kami berkomitmen untuk melindungi Data Pribadi yang diatur lebih lanjut dalam Kebijakan Privasi ini.

Kebijakan ini merupakan serangkaian aturan yang merupakan satu kesatuan dari pada Syarat dan Ketentuan, yang dibuat sebagai dasar atas segala kegiatan Kami dalam hal perolehan dan pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, penampilan, pengiriman, penyebarluasan, pembukaan akses, dan pemusnahan dari Data Pribadi dalam Platform. Definisi maupun istilah yang diawali dengan huruf kapital yang terdapat pada halaman Syarat dan Ketentuan dianggap memiliki arti dan penafsiran yang sama dengan istilah yang digunakan dalam Kebijakan ini, kecuali ditentukan lain dalam Kebijakan ini. Kebijakan ini harus dibaca bersama-sama dengan Syarat dan Ketentuan.

Dengan menyetujui Kebijakan ini, Anda telah membaca, mengerti dan memberikan persetujuan secara jelas dan tegas kepada BukuWarung untuk memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, mengelola, menganalisis, mengirim, dan menggunakan Data Pribadi tersebut sebagaimana tercantum dalam Kebijakan serta mengikatkan diri atas seluruh ketentuan dalam pada Kebijakan ini. Jika Anda tidak menyetujui Kebijakan ini, maka Anda tidak diperkenankan untuk mengakses dan/atau menggunakan Platform.

Dengan tunduk pada Kebijakan ini, Anda juga dianggap mengikatkan diri dengan Syarat dan Ketentuan, di mana Kebijakan ini merupakan bagian tidak terpisahkan dan merupakan satu kesatuan dengan Syarat dan Ketentuan. Jika terdapat ketentuan atau bagian dari ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan yang dianggap tidak berlaku oleh suatu pengadilan atau badan yang berwenang, maka ketidakberlakuan ketentuan atau bagian dari ketentuan Syarat dan Ketentuan tersebut tidak akan menyebabkan Kebijakan ini menjadi tidak sah, tidak berlaku, dan/atau tidak dapat dilaksanakan. 

1. Definisi

1.1. Anda adalah setiap pengunjung dan/atau pengguna yang mengakses dan/atau menggunakan Platform serta Fitur di dalamnya baik yang memiliki Akun maupun tidak memiliki Akun.

1.2.  Akun adalah akun atau profil yang Anda registrasikan pada situs atau Platform BukuWarung, baik yang telah atau yang belum melakukan verifikasi data, untuk menggunakan produk, fasilitas, dan/atau Fitur dari Platform BukuWarung.

1.3. Data Pribadi adalah semua data, informasi, dan/atau keterangan tentang Anda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2.2 Kebijakan ini yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi Anda, namun tidak terbatas data diri Anda.

1.4. Data Usaha adalah data yang menyangkut identitas, kontak, profil usaha Anda, termasuk namun tidak terbatas pada informasi mengenai nomor telepon, kategori usaha, nama usaha, foto lokasi usaha, serta alamat usaha Anda.

1.5. Fitur adalah layanan, fitur, dan/atau produk baik yang telah ada maupun yang dikembangkan dari waktu ke waktu.

1.6. Grup Perusahaan adalah setiap induk atau anak perusahaan dari PT Buku Usaha Digital, dan setiap entitas yang, dari waktu ke waktu dan pada saat ditentukan, secara langsung atau tidak langsung, mengendalikan, dikendalikan oleh atau berada di bawah pengendalian bersama dengan PT Buku Usaha Digital.

1.7. Hukum Yang Berlaku adalah setiap hukum nasional, provinsi setempat, kotamadya atau hukum lainnya, peraturan instansi, putusan, konstitusi, keputusan, aturan, kebijakan pemerintah yang mengikat, dan statuta dalam negara Republik Indonesia.

1.8. Know Your Customer atau KYC adalah penerapan prinsip mengenali pengguna (Know Your Customer) atau proses verifikasi dan validasi yang dilakukan oleh Pihak Ketiga Terpilih atas data-data terkait Akun yang Anda registrasikan pada Platform, yang antara lain mencakup Data Pribadi Anda dan Data Usaha Anda, dan/atau dokumen-dokumen atau informasi tambahan lainnya, sebagaimana Kami instruksikan dari waktu ke waktu.

1.9. Know Your Business atau KYB adalah sebuah regulasi yang mengharuskan sebuah perusahaan untuk meninjau aktivitas instansi yang berkerja sama dengan mereka.

1.10. Pihak Ketiga Terpilih adalah pihak-pihak yang terpilih untuk melakukan kerja sama dengan Kami dalam mendukung pelaksanaan layanan kami kepada Anda, yaitu:

A. Mitra Pendukung Tagih dan Bayar, adalahmitra atau Pihak Ketiga Terpilih yang bekerja sama dengan Kami untuk mendukung dan memproses fitur Tagih dan Bayar, yaitu antara lain penyelenggaraan jasa pembayaran dan penerapan Quick Response Code Indonesian Standard yang telah berizin dari Bank Indonesia. Adapun mitra yang dimaksud adalah PT Sinar Digital Terdepan (Xendit), PT Nusa Satu Inti Artha (DOKU), PT Dompet Harapan Bangsa (OY Indonesia), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), serta serta pihak-pihak lainnya yang akan melakukan kerjasama dengan BukuWarung di masa depan dan dari waktu ke waktu.

B. Mitra Penyedia Pinjaman, adalahmitra atau Pihak Ketiga Terpilih yang bekerjasama dengan Kami untuk menyediakan fitur Solusi Modal Usaha dan Talangin Dulu, yaitu penyedia pinjaman dan/atau layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi (peer-to-peer lending) yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, yaitu termasuk namun tidak terbatas pada PT Sejahtera Lunaria Annua (KoinWorks), PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku), PT Julo Teknologi Finansial (Julo), PT Kreasi Anak Indonesia (GandengTangan) dan PT Bank Sahabat Sampoerna, serta pihak-pihak lainnya yang akan melakukan kerjasama dengan BukuWarung di masa depan dan dari waktu ke waktu.

C. Mitra Pendukung KYC, adalah mitra atau Pihak Ketiga Terpilih yang bekerja sama dengan Kami untuk mendukung dan memproses KYC, yaitu penyelenggara sertifikasi elektronik yang telah terdaftar pada Kementerian Komunikasi dan Informatika, yaitu PT Indonesia Digital Identity (VIDA), serta pihak-pihak lainnya yang akan melakukan kerjasama dengan BukuWarung di masa depan dan dari waktu ke waktu.

D. Bank yang baik secara langsung maupun tidak langsung berkerja sama dengan Kami, antara lain PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, BNI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Bank Permata Tbk.

E. Pihak-pihak lainnya yang ditunjuk untuk melakukan kerja sama dengan Kami untuk mendukung dan membantu pelaksanaan layanan Kami dari waktu ke waktu.

1.11. Syarat dan Ketentuan adalah syarat dan ketentuan dari semua penggunaan layanan BukuWarung yang tersedia pada Platform.

2. Perolehan atau Pengumpulan Data Pribadi

2.1. Ketika Anda melakukan akses ke dalam Platform atau menggunakan Fitur yang terdapat di dalam Platform, Anda secara langsung maupun tidak langsung memberikan Data Pribadi kepada Kami. Sebagai contoh, pada saat Anda mendaftarkan diri dengan membuat Akun pada Platform, Kami akan mengumpulkan dan menyimpan Data Pribadi Anda berupa nama, nomor telepon, alamat, pekerjaan, foto diri, email, maupun data-data lainnya yang dibutuhkan agar Anda dapat memiliki akses terhadap Akun Anda. Selain itu, Kami mengumpulkan Data Pribadi Anda antara lain pada saat Anda:

A. mengakses Platform dan/atau menggunakan Fitur;

B. melakukan registrasi dengan membuat Akun pada Platform;

C. merespon survei yang dikirimkan oleh Kami;

D. mengirimkan ulasan, pertanyaan, kesan, pesan, kritik dan/atau saran Anda untuk Kami;

E. mengikuti acara atau kegiatan apapun yang Kami adakan;

F. menghubungi Kami, melalui sarana komunikasi yang Kami sediakan;

G. terlibat atau mengikuti (follow) atau menyukai (like) laman sosial media resmi Kami;

H. melakukan penagihan dan pembayaran atas jumlah tertagih;

I. menggunakan Fitur yang membutuhkan izin akses pada perangkat Anda;

J. memasukkan informasi sehubungan dengan Data Pribadi dalam bentuk apa pun yang telah Anda serahkan kepada Kami atau ke dalam Platform dan/atau Fitur; atau

K. informasi publik yang berisi Data Pribadi seperti berita daring yang dipublikasikan di internet.

2.2. Kami juga dapat mengumpulkan Data Pribadi Anda dari pihak ketiga, yaitu Pihak Ketiga Terpilih, Grup Perusahaan, pengiklan, jaringan periklanan, penyedia analisis, atau mitra bisnis kami lainnya dari waktu ke waktu, yang mengoperasikan layanannya sendiri atau mengoperasikan layanan yang ditautkan pada layanan Kami, dengan tunduk pada syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi yang berlaku pada masing-masing Pihak. Ketika Kami mengumpulkan Data Pribadi secara langsung dari layanan yang dioperasikan oleh pihak ketiga, Kami meminta mitra bisnis kami untuk mengambil tindakan yang sah dan tepat.

2.3. Data Pribadi yang Kami kumpulkan adalah data yang memang Anda berikan kepada Kami melalui cara yang telah Kami jelaskan sebelumnya. Data Pribadi tersebut termasuk, tetapi tidak terbatas pada:

A. data yang menyangkut informasi pribadi yang Anda berikan pada saat mendaftarkan Akun atau menggunakan Fitur Kami antara lain nama, nomor Kartu Tanda Penduduk/SIM/NPWP/paspor/KITAS, alamat email, alamat, dan nomor telepon Anda;

B. potret atau foto diri dan/atau video diri Anda;

C. username dan password Akun Anda (user id dan customer id);

D. respon Anda terhadap survei yang Kami berikan;

E. informasi rekening dan informasi finansial yang Anda berikan pada saat melakukan transaksi pada Platform Kami, yang mana informasi rekening akan diteruskan kepada Pihak Ketiga Terpilih sebagaimana disebutkan dalam Pasal 1.9 di atas;

F. pilihan metode pembayaran yang dipilih untuk melakukan transaksi;

G. data transaksi penagihan dan pembayaran;

H. data berupa email yang berhubungan dengan kegiatan transaksi di situs e-commerce dan pembayaran digital lainnya;

I. data berupa isi notifikasi pemberitahuan di gawai Anda terkait kegiatan transaksi di situs e-commerce dan pembayaran digital lainnya

J. data pada daftar kontak Anda untuk tujuan penggunaan Data Pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3.1(c) Kebijakan ini;

K. data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat Internet Protocol (IP) Anda, lokasi Wi-Fi, geo-location, informasi lokasi yang berasal dari kartu SIM dan/alamat IP dan sebagainya agar kami dapat memberikan hasil pencarian yang tepat;

L. data berupa waktu dari setiap aktivitas penggunaan, termasuk aktivitas pendaftaran, login, transaksi, dan lain sebagainya;

M. pengaturan yang dipilih pada Platform;

N. informasi mengenai perangkat lunak dan perangkat keras yang Anda gunakan untuk mengakses Platform dan/atau menggunakan Fitur;

O. data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data sehubungan dengan perangkat yang digunakan seperti browser, alamat IP perangkat, jenis perangkat, operator telekomunikasi, tanggal dan waktu akses, jalur akses Fitur atau laman yang dilihat pada Platform, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya;

P. interaksi, ulasan, kritik, saran dan/atau pesan dari Anda yang ditujukan kepada Kami, termasuk diantaranya segala sesuatu yang diungkapkan ketika Anda menghubungi Kami melalui sarana komunikasi yang Kami sediakan atau pada saat kami memberikan bantuan penyelesaian atas permasalahan yang timbul sehubungan penggunaan Platform;

Q. informasi tentang bisnis, usaha Anda; dan

R. hal lainnya yang Anda lakukan dalam Platform dan/atau Fitur dan data lainnya yang Anda masukkan ke dalam Platform dan/atau Fitur yang dapat mengindentifikasi diri Anda.

2.4. Saat Anda membuka, mengakses, atau mengunjungi dan menelusuri Platform Kami, Kami mengumpulkan data untuk keperluan statistik, pemrosesan data, dan pemeliharaan yang memungkinkan Kami untuk mengevaluasi kinerja Platform Kami. Data yang dimaksud meliputi hal-hal yang telah kami sampaikan pada Pasal 2.2 di atas.

2.5. Dengan ini, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Data Pribadi yang Anda masukkan ke dalam Platform dan/atau Fitur adalah Data Pribadi Anda adalah benar, akurat, tidak menyesatkan, dan berdasarkan keadaan yang sebenarnya, dan Anda bertanggung jawab penuh atas Data Pribadi tersebut serta Anda memiliki kewenangan penuh dan/atau hak pribadi untuk menyampaikan Data Pribadi kepada Kami, termasuk melepaskan Kami dari segala gugatan perdata atau tuntutan pidana yang timbul dari informasi menyesatkan sehubungan dengan Data Pribadi yang Anda masukkan ke dalam Platform dan/atau Fitur.

2.6. Kami berhak dari waktu ke waktu meminta autentifikasi, verifikasi dan/atau pemutakhiran Data Pribadi Anda, sehingga data dan informasi Anda akurat, lengkap, dan terbaru, termasuk memberhentikan untuk sementara/permanen atau tidak mengizinkan Anda untuk mengakses Fitur tertentu secara optimal dalam hal Anda belum melakukan autentifikasi dan pemutakhiran data pribadi Anda.

2.7. Dengan tetap mengakses Platform, menggunakan Fitur, dan/atau layanan Kami lainnya, Anda dengan ini memberikan persetujuan secara jelas dan tegas kepada Kami untuk memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi Anda sebagai yang dijabarkan pada Pasal 2.1 dan 2.2 dalam Kebijakan ini, serta persetujuan ini diberikan tanpa paksaan, dalam kondisi cakap, dan dengan keadaan sadar.

3. Tujuan Penggunaan Data Pribadi

3.1. Data Pribadi yang telah Kami kumpulkan dan peroleh akan Kami gunakan sepenuhnya untuk kepentingan Anda dan Kami sesuai dengan Kebijakan ini dan Hukum Yang Berlaku di Indonesia. Kami dapat menggunakan Data Pribadi tersebut untuk, antara lain:

A. memproses Data Pribadi Anda untuk kebutuhan Anda dalam mengakses Platform dan/ atau menggunakan Fitur;

B. memproses Data Pribadi Anda untuk kegiatan KYC dan KYB;

C. mengakses dan menyimpan daftar kontak Anda. Tujuan mengakses Daftar Kontak Anda adalah untuk memberitahu pengguna lain yang ada dalam daftar kontrak Anda bahwa Anda juga merupakan pengguna Platform, mengirimkan pesan pengingat untuk pembayaran, memudahkan Anda untuk mengundang/mengajak teman Anda untuk bergabung, dan hal-hal terkait lainnya;

D. mengirimkan Data Pribadi Anda ke Pihak Ketiga Terpilih sehubungan dengan penerapan layanan dari Fitur yang digunakan;

E. mengelola, mengoperasikan, mengurus dan memberikan Anda layanan yang ditawarkan di Platform;

F. menghubungi Anda mengenai hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan Anda dan/atau akses Platform serta Fitur yang tersedia pada Platform;

G. untuk melakukan komunikasi kepada Anda sehubungan dengan permintaan kritik dan saran;

H. untuk memverifikasi identitas Anda, melalui perbandingan dengan informasi yang Anda cantumkan pada Akun Anda dengan Data Pribadi yang Anda berikan;

I. memberitahukan informasi, pengetahuan, jajak pendapat, program(-program), atau promosi menarik untuk Anda;

J. pengembangan Platform dan/ atau Fitur dalam rangka meningkatkan layanan Kami, termasuk diantaranya menggunakan informasi yang diperoleh untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan Anda dalam mengakses dan menggunakan Platform dan/ atau Fitur, serta mengembangkan Fitur dan/atau produk baru;

K. pengembangan bisnis, layanan atau strategi pemasaran;

L. mengukur dan meningkatkan pengalaman dan kepuasan pengguna Platform;

M. membantu Anda pada saat memberikan laporan kepada Kami terkait penggunaan Platform melalui sarana komunikasi yang Kami sediakan;

N. melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan, penipuan, penggelapan, dan/atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan, atau ketentuan Hukum Yang Berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi tersebut;

O. menegakkan dan menerapkan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan;

P. menyelesaikan pengaduan yang Kami terima sehubungan dengan Platform dan/atau Fitur di dalamnya;

Q. menganalisa Data Pribadi Anda untuk tujuan statistik sehubungan dengan penggunaan Platform;dan/atau

R. untuk tujuan-tujuan lainnya yang relevan dengan akses dan penggunaan Anda pada Platform, yang diberitahukan kepada Anda pada saat pengumpulan Data Pribadi pada Platform Kami, maupun tujuan lainnya sepanjang diwajibkan berdasarkan Hukum Yang Berlaku.

3.2. Anda tidak berkewajiban untuk memberikan Data Pribadi apapun yang diminta oleh Kami. Namun jika Anda memilih untuk tidak memberikan Data Pribadi tertentu kepada Kami, Kami mungkin tidak akan dapat memproses atau mengolah Data Pribadi Anda untuk tujuan sebagaimana dimaksud di atas dan dapat menyebabkan Anda tidak dapat mengakses sebagian dan/atau seluruh fitur pada Platform dan BukuWarung tidak dapat memberikan layanan secara optimal kepada Anda.

3.3. Anda dengan ini memahami bahwa pemanfaatan Fitur dalam Platform memerlukan proses autentifikasi, verifikasi, dan/atau pemutakhiran Data Pribadi dari Anda. Dengan tetap mengakses Platform, menggunakan Fitur, dan/atau layanan Kami lainnya, Anda dengan ini secara tegas memberikan persetujuan atas penggunaan, pemanfaatan, dan/atau pengungkapan Data Pribadi Anda, serta menyatakan bahwa persetujuan penggunaan dan pengungkapan Data Pribadi untuk kebutuhan tersebut dilakukan tanpa paksaan, dalam kondisi cakap, dan dengan keadaan sadar.

4. Pembagian Data Pribadi ke Pihak Ketiga Terpilih dan/atau Pihak Lainnya

4.1 Kami menghargai kerahasiaan Data Pribadi Anda dan Kami berkomitmen untuk tidak menjual, menyewakan, menampilkan, atau menyebarkan Data Pribadi Anda tanpa persetujuan dari Anda, kecuali ditentukan lain dalam Hukum Yang Berlaku. Kami hanya akan mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada Pihak Ketiga Terpilih dan/atau pihak lainnya atas persetujuan Anda, kecuali untuk tujuan penggunaan dan pengoperasian Platform dan/atau Fitur.

4.2. Dengan tetap mengakses Platform dan menggunakan Fitur maupun layanan Kami lainnya, Anda dengan ini memberikan persetujuan secara tegas dalam bentuk apapun untuk mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada Pihak Ketiga Terpilih yang membantu Kami dalam menyediakan layanan untuk Anda, serta membebaskan Kami atas segala kerugian yang timbul dari kegagalan Pihak Ketiga Terpilih untuk mengamankan Data Pribadi Anda. Anda sepenuhnya mengakui bahwa persetujuan ini diberikan tanpa paksaan, dalam kondisi cakap, dan dengan keadaan sadar.

4.3. Jika Data Pribadi Anda akan dipindahkan ke luar Indonesia, kami akan mematuhi persyaratan peraturan perundang-undangan perlindungan Data Pribadi di Indonesia dalam melakukannya. Dalam hal pemindahan Data Pribadi ke luar Indonesia terjadi, kami akan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memastikan bahwa organisasi penerima asing yang menerima Data Pribadi terikat oleh kewajiban yang dapat diberlakukan secara sah untuk menyediakan untuk Data Pribadi yang dipindahkan itu suatu standar perlindungan yang setidaknya sebanding dengan perlindungan berdasarkan peraturan perundang-undangan perlindungan data setempat yang berlaku.

4.4. Kami tidak dapat menjamin keamanan Data Pribadi Anda pada sistem pihak ketiga mana pun termasuk sistem Pihak Ketiga Terpilih . Kami juga tidak memiliki kontrol atau tanggung jawab atas kebijakan privasi atau konten dari pihak ketiga tersebut. Oleh karena itu, Kami menyarankan agar Anda tetap mempelajari dan memeriksa kebijakan privasi dari setiap pihak ketiga, sehingga Anda dapat memahami ketentuan mereka dalam menangani Data Pribadi Anda. Anda dianjurkan untuk membaca terlebih dahulu kebijakan privasi yang berlaku pada masing-masing Pihak Ketiga Terpilih sebagaimana disebutkan dalam Pasal 1.9 Kebijakan ini. Persetujuan yang Anda berikan kepada Kami dalam mengumpulkan, menyimpan, memproses, mengolah Data Pribadi dalam Kebijakan ini akan berfungsi juga sebagai persetujuan mandiri untuk masing-masing kebijakan privasi Pihak Ketiga Terpilih.

4.5. Kami bewenang untuk mengungkapkan Data Pribadi Anda untuk mematuhi perintah pengadilan atau keputusan badan pemerintah yang sah atau ketentuan Hukum Yang Berlaku. Kemudian apabila memungkinkan dan diperbolehkan, Kami akan mengirimkan pemberitahuan secara tertulis kepada Anda dalam hal Kami mengungkapkan Data Pribadi Anda.

4.6. Kami berwenang untuk mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada Pihak Ketiga Terpilih, otoritas terkait, kepolisian, bank, instansi yang berwenang, dan/atau aparat penegak hukum lainnya untuk melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang diduga terindikasi mengandung unsur kecurangan, tindak pidana, atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan, atau ketentuan Hukum Yang Berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi tersebut.

4.7. Anda memahami dan menyetujui bahwa dalam rangka mengembangkan Platform, Kami mungkin akan menggunakan dan membagikan data dan informasi Anda yang tidak mengidentifikasi Anda secara individu, antara lain untuk diproses, dikembangkan, dan dikerjasamakan dengan Pihak Ketiga Terpilih.Kami menghargai privasi Anda, sehingga data dan informasi yang mungkin kami gunakan dan bagikan adalah data secara keseluruhan (agregat) tanpa mengidentifikasi Anda secara individu.

5. Penggunaan Cookies dan Layanan Pihak Ketiga

5.1. Cookies merupakan berkas teks yang ditempatkan pada komputer Anda untuk kepentingan pencatatan. Kami menggunakan cookies untuk membantu Kami meningkatkan kenyamanan Anda dalam mengakses Platform Kami.

5.2. Cookies akan mencatat Data Pribadi Anda seperti data yang Anda masukkan ke Platform. Sebagai contoh, jika Anda membuat akun di dalam Platform, cookies akan membantu Kami untuk mengingat Data Pribadi yang spesifik untuk kunjungan Anda berikutnya. Ketika Anda kembali mengakses Platform, Data Pribadi yang Anda berikan sebelumnya akan ditampilkan kembali, sehingga pengaktifan cookies akan mempermudah Anda dalam mengakses Platform.

5.3. Anda dapat mengatur untuk tidak mengaktifkan cookies pada browser Anda secara sebagian atau keseluruhan, namun ketika Anda tidak mengaktifkan cookies secara keseluruhan (termasuk cookies penting), Anda mungkin tidak dapat mengakses seluruh atau sebagian Platform dan/atau Fitur.

5.4. Pada umumnya, browser memiliki fitur untuk mengendalikan sebagian besar cookies. Untuk mengetahui cookies lebih lanjut, termasuk namun tidak terbatas pada pengelolaan, penghapusan dan melihat cookies apa saja yang aktif, Anda dianjurkan untuk mengunjungi www.aboutcookies.org atau www.allaboutcookies.org.

6. Penyediaan Data Pribadi Pihak Ketiga oleh Anda

Jika Anda memberikan Data Pribadi seseorang selain diri Anda kepada Kami, Anda menyatakan dan menjamin kepada Kami dan dengan ini Anda menegaskan bahwa:

A. Sebelum mengungkapkan Data Pribadi tersebut kepada Kami, Anda akan dan telah memperoleh persetujuan dari orang yang Data Pribadinya diungkapkan kepada kami, untuk:

(i.) mengizinkan Anda untuk mengungkapkan Data Pribadi orang tersebut kepada BukuWarung; dan
(ii.) mengizinkan BukuWarung untuk mengolah Data Pribadi orang tersebut,
untuk tujuan penggunaan Data Pribadi, sebagaimana diatur dalam Kebijakan Ini.

B. Anda secara sah bertindak atas nama orang tersebut dan bahwa Anda memiliki kewenangan dari orang tersebut untuk memberikan Data Pribadi orang tersebut kepada Kami dan untuk Kami mengolah Data Pribadi tersebut untuk tujuan penggunaan Data Pribadi, sebagaimana diatur dalam Kebijakan ini;

C. Kami dengan ini mengesampingkan kewajiban hukum yang timbul dari pengungkapan Data Pribadi yang disebutkan di atas.

7. Pilihan Anda dan Transparansi

Tunduk pada pengecualian tertentu yang diiizinkan oleh Hukum Yang Berlaku, dalam hal penggunaan Platform dan menggunakan Fitur yang Kami sediakan, Kami menghormati hak Anda dengan memberikan pilihan terkait Data Pribadi Anda yang Kami proses, termasuk namun tidak terbatas pada:

A. Anda dapat melakukan perubahan terhadap informasi profil pada Akun Anda melalui Fitur dalam Platform;

B. Anda dapat menarik diri (opt-out) dari notifikasi ketika ada penawaran yang baru dipasarkan, beragam informasi promo terbaru, dan penawaran eksklusif apabila Anda tidak menginginkan lagi informasi tersebut;

C. Anda dapat melakukan deaktivasi Akun Anda melalui fitur pengaturan yang Kami sediakan pada Platform dan melakukan reaktivasi Akun kapan pun, dengan tetap merujuk pada prosedur yang ditentukan Kami dari waktu ke waktu;

D. Permohonan Anda untuk menarik persetujuan Anda terhadap perolehan, penggunaan, maupun pengungkapan Data Pribadi Anda dengan memberikan pemberitahuan kepada Kami melalui sarana Kontak Kami yang tercantum pada Pasal 11 Kebijakan ini dan Anda memahami bahwa permohonan penarikan persetujuan tersebut dapat mengakibatkan akses Anda terhadap Platform menjadi terbatas/tidak lagi dapat mengakses Platform. Pencabutan persetujuan Anda tidak akan memengaruhi keabsahan pemrosesan Data Pribadi Anda oleh Kami berdasarkan persetujuan Anda yang diberikan sebelum penarikan yang disebutkan di atas

E. Anda dapat menentukan jenis Data Pribadi yang bersifat rahasia; dan

F. Hal-hal lain sejauh diizinkan berdasarkan Hukum Yang Berlaku.

8. Penyimpanan dan Penghapusan

8.1. Data Pribadi Anda yang Anda masukkan ke dalam Platform maupun Kami peroleh berdasarkan ketentuan Pasal 2 Kebijakan ini akan disimpan dengan prosedur dan sarana pengamanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan untuk jangka waktu yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan berdasarkan Hukum Yang Berlaku di Indonesia.

8.2. Anda dapat mengajukan permintaan penghapusan Akun kepada Kami dengan menyertakan alasan penghapusan melalui sarana komunikasi yang tertera pada Kebijakan ini. Dalam hal Anda melakukan penghapusan Akun milik Anda maka Anda secara sadar memahami konsekuensi bahwa Anda tidak dapat menggunakan Fitur dan Platform maupun layanan BukuWarung lainnya secara optimal karena Anda sudah tidak lagi terdaftar sebagai pengguna aktif. Perlu Anda ketahui bahwa meskipun Anda tidak lagi menjadi pengguna aktif yang terdaftar pada Platform, Data Pribadi Anda dapat tetap disimpan untuk jangka waktu yang diwajibkan berdasarkan ketentuan Hukum Yang Berlaku (periode retensi).

8.3. Kami memiliki wewenang untuk menghapus Akun milik Anda atau menutup akses Anda terhadap Platform berdasarkan ketentuan Kami, berdasarkan penetapan atau putusan pengadilan, dan/atau sesuai peraturan perundang-undangan. Kami akan memberitahukan Anda melalui e-mail mengenai penghapusan Akun milik Anda atau penutupan akses terhadap Platform berdasarkan kewenangan ini.

8.4. Kami memiliki wewenang untuk menghapus Data Pribadi Anda berdasarkan permintaan tertulis dari Anda atau berdasarkan kebijakan Kami, dengan cara yang Kami tentukan namun tetap tunduk pada Hukum Yang Berlaku di Indonesia.

9. Pembatasan Tanggung Jawab

9.1 Kami mengambil langkah untuk memastikan Data Pribadi Anda ditangani dengan aman dan sesuai dengan Hukum Yang Berlaku. Namun, perpindahan Data Pribadi melalui internet tidak sepenuhnya aman dan Kami tidak dapat menjamin keamanan Data Pribadi Anda. Dengan demikian, Anda bertanggung jawab atas keamanan dan menerapkan pengamanan yang tepat dalam menjaga Data Pribadi Anda seperti, membatasi akses, membuat kata sandi yang kuat, menjaga kata sandi, dan/atau menjaga One-Time Password (OTP).

9.2. Kami tidak bertanggung jawab atas pertukaran dan/atau pemberian Data Pribadi Anda yang dilakukan sendiri oleh Anda, termasuk yang Anda dilakukan melalui Platform.

9.3. Platform Kami berisi tautan ke platform lain yang dikelola oleh pihak ketiga. Dalam hal Anda menggunakan tautan tersebut, Anda harus memahami bahwa Kami tidak memiliki kendali atas platform dan/atau aplikasi lain tersebut, sehingga Anda mengetahui dan menjamin bahwa Kami tidak dapat/akan dimintai pertanggungjawaban atas kebijakan privasi platform/aplikasi pihak ketiga berdasarkan tautan tersebut dan menyarankan Anda untuk membaca kebijakan privasi dari masing-masing platform/aplikasi yang Anda kunjungi yang mengumpulkan Data Pribadi.

9.4. Kami hanya bertanggung jawab atas perlindungan dan pengamanan Data Pribadi Anda hanya sebatas pada Data Pribadi yang disimpan dalam sistem yang dikembangkan dan dikelola oleh Kami serta Kami setiap saat akan melakukan dan mengambil setiap langkah-langkah yang wajar diperlukan untuk menjaga dan melindungi Data Pribadi Anda. Dengan tetap mengakses Platform, menggunakan Fitur, dan/ atau layanan Kami lainnya, Anda melepaskan hak atas klaim, kerugian, tuntutan, dan gugatan yang mungkin Anda miliki dalam hal terjadi kegagalan perlindungan Data Pribadi yang timbul akibat terdapat unsur kelalaian yang dilakukan oleh Anda sendiri dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan Data Pribadi dan/ atau akibat terdapat tindakan pihak ketiga yang berupaya memperoleh Data Pribadi secara melawan hukum.

9.5. Apabila Kami mengalami pelanggaran data yang terkait dengan Data Pribadi Anda, sepanjang diwajibkan oleh Hukum Yang Berlaku, Kami akan memberitahu Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk memberikan Anda informasi yang cukup mengenai pelanggaran data tersebut dan akan bekerja untuk menghindari penyalahgunaan atas Data Pribadi Anda dan sesegera mungkin mengambil tindakan untuk mengentikan penyalahgunaan tersebut.

10. Lain-Lain

10.1. Kami selalu berusaha untuk memberikan layanan yang terbaik untuk Anda dalam mengakses Platform maupun menggunakan Fitur Kami sehingga Kami berhak untuk melakukan perubahan terhadap Kebijakan ini dari waktu ke waktu guna menyesuaikan dengan perkembangan bisnis dan ketentuan Hukum Yang Berlaku. Perubahan terhadap Kebijakan ini dari waktu ke waktu akan selalu diunggah ke Platform. Ketika Kami membuat perubahan material pada Kebijakan ini, kami akan memberi tahu Anda melalui tautan atau notifikasi yang cukup pada Platform atau melalui email ke alamat yang terkait dengan Akun Anda, serta dengan cara lain yang wajar sebelum perubahan Kebijakan berlaku efektif. Kami menganjurkan Anda untuk meninjau konten versi terbaru dari Kebijakan dengan hati-hati. Jika Anda tidak menyetujui perubahan Kebijakan, Anda dapat berhenti untuk menggunakan Akun Anda dan segera menutup Akun Anda dan berhenti mengakses Platform, menggunakan Fitur, dan/atau layanan Kami lainnya. Dengan tetap mengakses Platform, menggunakan Fitur, dan/atau layanan Kami lainnya, setelah Kami memberitahu atau mempublikasikan perubahan Kebijakan kepada Anda, Anda dengan ini menjamin dan menyatakan bahwa Anda telah membaca, mengerti dan setuju untuk mengikatkan diri pada perubahan Kebijakan ini. Kami akan meminta persetujuan Anda jika diperlukan berdasarkan Hukum yang Berlaku.

10.2. Apabila terdapat ketentuan atau bagian dari Kebijakan ini yang menjadi tidak sah, tidak dapat diterapkan atau menjadi tidak berlaku, maka Kami akan menyesuaikan ketentuan tersebut agar dapat dilaksanakan sesuai Hukum Yang Berlaku, dengan mana ketentuan lainnya dari Kebijakan ini akan tetap berlaku sepenuhnya.

10.3. Dalam hal terjadi perubahan kendali atau perubahan kepemilikan atas semua atau sebagian dari usaha Kami, termasuk Platform, sehubungan dengan dilakukannya merger, konsolidasi, akuisisi, usaha patungan, pengalihan, kepailitan, dan/atau tindakan korporasi lainnya, maka Data Pribadi Anda dapat/akan menjadi bagian dari pengalihan berdasarkan tindakan korporasi tersebut. Pengiriman Data Pribadi Anda sebagaimana dimaksud pada Pasal ini akan tetap tunduk pada ketentuan yang diatur dalam Hukum Yang Berlaku.

10.4. Kebijakan ini dapat diterjemahkan ke bahasa asing lainnya selain Bahasa Indonesia yang disediakan oleh Kami. Terdapat kemungkinan bahwa beberapa bagian dalam Kebijakan ini memiliki arti, maksud, atau pengertian yang berbeda ketika diterjemahkan ke bahasa asing lainnya. Apabila terdapat perbedaan penafsiran antara versi Bahasa Indonesia dan versi bahasa asing, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku dan Anda dianjurkan untuk merujuk kepada versi Bahasa Indonesia.

11. Kontak Kami

Anda dapat menyampaikan pertanyaan, kritik dan saran, keluhan, maupun pengaduan sehubungan dengan Data Pribadi melalui e-mail support@bukuwarung.com atau telepon ke nomor 083804550504. Agar Kami dapat meningkatkan layanan Kami, seluruh korespondensi antara Anda dengan Kami dapat Kami catat atau Kami rekam.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download

Hubungi CS bukuwarung