Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Cerita Juragan Pak Rohamdi: Rantau Buka Warung di Jakarta demi Anak Sandang Gelar Sarjana

Jakarta. Kota tempat siapa saja hadir untuk menggantung mimpi setinggi-tingginya. Cita-cita dan ambisi manusia-manusianya bertumpuk di semua sudut jalanan, layaknya gedung-gedung pencakar langit yang pantang terlewat mata. Bukan rahasia jika di sini, semua terasa lebih gemerlap dan gaduh.

Namun, di sebuah gang kecil di bilangan Cilandak, ada mimpi yang juga sedang dipupuk dan dirawat dengan giat dalam kesederhanaan—jauh dari deru kendaraan, kaki-kaki yang dikejar waktu, dan riuhnya ibukota. Di warung kelontong ini, Pak Rohamdi dan istri bersama-sama mewujudkan harapan hari demi hari demi sang buah hati.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Awal Mula Perjalanan Panjang

Siapa sangka di balik tatapan tegas dan pembawaannya yang tampak pendiam, Pak Rohamdi adalah seorang suami dan ayah yang hangat, humoris, dan suka berbagi cerita. Di pertemuan BukuTeam dan Pak Rohamdi, Ia berkisah tentang perjalanan kehidupannya sebagai pengusaha telah Ia jalani sejak muda di tempat asalnya, Madura.

“Dulu semua usaha saya jalani. Di kampung itu saya sempat jadi peternak burung puyuh, usaha tembakau, pengrajin keris, bahkan punya toko kelontong juga” tuturnya sambil melayani pelanggan yang berbelanja. Kerja kerasnya pun telah berbuah hasil manis. Ia berhasil menyekolahkan anak pertamanya ke perguruan tinggi hingga menjadi sarjana, dan sekarang telah berkarir di sebuah bank lokal. “Buat orang tua itu kan gembira dan bangga sekali ya lihat anak bisa sukses, bisa kuliah. Itu senang sekali” kata Pak Rohami dengan sumringah.

Buat Toko Online Sendiri

Keputusan besar meninggalkan Madura dan merantau pun diambil demi keluarga. Puteri bungsu yang saat ini sedang menempuh pendidikan di pesantren mengungkapkan keinginannya untuk berkuliah selepas lulus.

“Kalau anak punya cita-cita seperti itu, ya kami pasti dukung. Demi anak, semua akan saya upayakan” ucap Pak Rohamdi. Demikianlah dimulai perjalanannya bersama Istri di Ibukota demi mengejar peluang ekonomi yang lebih baik demi pendidikan buah hati.

Lika Liku Merintis Usaha di Tempat Asing

atur keuangan usaha

Pak Rohamdi dan istri sampai di Jakarta di awal tahun 2021 tanpa kenalan satu orang pun. Hari demi hari dijalani berdua untuk merintis warung kelontong sederhana yang akhirnya menjadi sumber rezeki keluarga.

“”Prinsip saya yang pasti berikhtiar dan sungguh-sungguh. Saya nggak pernah mau yang namanya coba-coba. Semua itu harus dijalani dengan serius dan direncanakan dengan matang” ujar Pak Rohamdi.

Berbekal pengalaman mengelola usaha serupa di Madura, Pak Rohamdi mulai membeli stok barang untuk dijual. Selain itu, ia juga gencar bersosialisasi dengan para tetangga sembari mencari tahu barang apa yang paling dibutuhkan. Namun, semua usaha pasti ada tantangannya. Untuk Pak Rohamdi, hal tersebut adalah modal.

atur keuangan usaha

“Ya saya harus pinjam saudara untuk buka usaha ini. Sekarang sudah ada pemasukan, pelan-pelan dicicil. Yang namanya usaha ya memang pasti nggak mulus-mulus saja. Tapi harus dijalani, cari solusi, buat saya menyerah itu pantang hukumnya”

Selain itu, karena warung beroperasi 24 jam sehari, Pak Rohamdi dan istri harus bergantian jam istirahat. Bersantai adalah sebuah kemewahan untuk keduanya.

Meskipun begitu, hal yang sangat Ia syukuri adalah sambutan baik yang diberikan oleh warga setempat, meskipun Pak Rohamdi merupakan pendatang yang belum lama tinggal di daerah tersebut. Sejak beroperasi, warungnya langsung menjadi jujukan masyarakat sekitar untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Ia bercerita bahwa sempat beberapa hari warung tutup dan disambut ‘protes’ pelanggan. Respon yang baik itulah yang membuat Pak Rohamdi dan istri semangat menjankan usaha setiap hari.

Baca juga : Cerita Juragan Devy Kurniawati Jualan Ayam Gecek

Usaha Sederhana yang Tak Anti Teknologi

“Mungkin karena liat warung saya rame pelanggan dan yang jaga kan cuma saya dan istri, anak Pak RT itu sempat datang ke sini. Dia tanya, kenapa nggak pakai aplikasi saja biar lebih gampang urus jualan dan keuangan warung.. Ya saya jawab, saya ini gaptek, gak tau yang gitu-gitu..” ucap Pak Rohamdi sembari tertawa.

Inilah awal mula Pak Rohamdi menggunakan aplikasi BukuWarung.
“Saya download dan diajarkan pakainya. Wah ternyata gampang sekali! Fiturnya juga banyak yang berguna untuk kelola warung, seperti atur stok dan tagih utang otomatis. Nah, nggak lama setelah itu saya ditawari pasang barcode QRIS..”

Meskipun sebelumnya tak pernah terlintas di pikiran Pak Rohamdi untuk menyediakan pilihan pembayaran digital, namun ternyata kehadiran QRIS memberikan dampak positif untuk warungnya.

“Pelanggan yang masih muda pas tahu ada QRIS, mereka langsung pilih scan saja kalau mau bayar-bayar. Lebih gampang dan bisa terima pembayaran dari semua rekening bank dan e-wallet . Buat saya juga semakin praktis, uang masuk di hari yang sama dan saya gak perlu cari kembalian. Jadi sekarang kalau ada yang beli, meskipun bapak-bapak ibu-ibu, saya tawarkan dulu mau scan QRIS saja nggak” ungkapnya.

Kemudahan yang didapatkan dari BukuWarung diakui Pak Rohamdi sangat membantunya mengelola keuangan usaha, bahkan menabung untuk kebutuhan keluarga dan bekal puteri bungsu melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah tahun depan.

Fitur QRIS BukuWarung: Andalan Juragan Bisnis Untuk Terima Pembayaran Pelanggan dengan Lebih Praktis

Untuk Juragan yang menjalankan bisnis, kira-kira apa saja sih kesulitan yang sering dihadapi?

  • Pelanggan yang ingin membayar dari bank berbeda-beda?
  • Ribet cari kembalian saat ramai pembeli?
  • Sering tak punya waktu ke ATM untuk bayar tagihan?
  • Ada yang pernah mengalami kendala di atas?

Tenang! Sekarang ada solusi mudah untuk semua urusan bayar & tagih usaha: Fitur QRIS BukuWarung!

Saat ini, QRIS memang menjadi fitur primadona di antara pemilik usaha. Aktivitas tagih & bayar digital jadi lebih aman, cepat, & mudah. Juragan dapat terhindar dari penipuan uang palsu serta memberikan alternatif pembayaran yang praktis untuk pelanggan. 

Selain itu, dengan satu aplikasi BukuWarung saja, Juragan bisa atur berbagai urusan keuangan  usaha seperti !

✅ Catat pemasukan & pengeluaran usaha praktis dalam satu aplikasi

✅ Dapat laporan keuangan harian, mingguan, & bulanan otomatis

✅ Catat & pantau stok dengan mudah

✅ Pengajuan modal usaha mudah & aman

Ingin tahu lebih cara membuat QRIS BukuWarung untuk usaha Juragan seperti Pak Rohamdi & 7 juta pengguna BukuWarung lainnya? Download aplikasi BukuWarung di Playstore sekarang & klik di sini untuk membaca informasi lengkapnya disini.

Yuk, tonton kisah Juragan Rohamdi selengkapnya di Youtube BukuWarung!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download