Download Gratis
Butuh bantuan?

Manfaat Memilih Kategori Transaksi Untuk Juragan

Mulai sekarang catat transaksi di BukuWarung wajib memasukkan pilihan kategori transaksi yang tersedia.

Kategori transaksi adalah metode pencatatan yang sudah ada di BukuWarung yang mewajibkan Juragan mengisi kategori yang sudah tersedia supaya Juragan memiliki fleksibilitas atau keleluasaan untuk mengelompokkan transaksi dan memfilter transaksi sesuai kategori.

Transaksi kategori ini juga membantu Juragan agar dapat lebih jelas memperhitungkan keuntungan dan kerugian bisnis Juragan. Makin mudah dan canggih, kan?

Manfaat dari Kategori Transaksi BukuWarung

1. Mengetahui Lebih Jelas Keuntungan Ketika Menggunakan Kategori

Masih banyak juragan yang kesulitan dalam menentukan keuntungan dari bisnisnya. Padahal menghitung keuntungan sangatlah penting dalam mengembangkan bisnis agar dapat menentukan dalam pengambilan keputusan bisnis berikutnya.

Dengan adanya kategori di setiap transaksi, Juragan akan mengetahui pengeluaran dan pemasukan dari transaksi yang dilakukan secara lebih rapi. Sehingga Juragan juga dapat mengetahui secara jelas keuntungan yang akan didapatkan dari bisnis.

2. Mengetahui Kemana Uang Keluar

Kesuksesan dimulai dari hal-hal sederhana. Contohnya adalah dengan mengkategorikan setiap pencatatan transaksi. Sehingga Juragan akan lebih mengetahui secara jelas kemana uang yang keluar pada catatan transaksi. 

Biasanya uang pengeluaran digunakan untuk berbagai kebutuhan, contohnya menggaji karyawan, memenuhi kebutuhan pokok, membayar pajak, cicilan pinjaman, dan sejenisnya. Jika pengeluaran lebih besar dari pendapatan, maka dapat dipastikan arus keuangan pada bisnis Juragan negatif atau tidak sehat.

3. Memiliki Laporan Keuangan yang Sehat Ketika Menggunakan Kategori

Gunakan transaksi kategori untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan bisnis agar Juragan tidak mengalami kekeliruan penghitungan keuangan usaha di akhir bulan. Dengan kategori transaksi, Juragan dapat memantau sehat atau tidaknya keuangan bisnis Juragan.

Jika pemasukan lebih besar daripada pengeluaran, maka laporan keuangan menunjukkan arus keuangan positif atau bisnis Juragan sehat.

Arus keuangan yang sehat diibaratkan sebuah bahan bakar dalam bisnis. Juragan diharuskan memiliki bisnis dengan arus keuangan yang sehat jika ingin bisnis tersebut terus berjalan, berkembang dan mengalami kemajuan.

4. Mengurangi Risiko Salah Hitung Laporan Bisnis Di Akhir Bulan

Ada kalanya pembuatan laporan keuangan mengandung kesalahan. Padahal, dampak dari kesalahan laporan keuangan itu cukup besar. Kesalahan pada laporan keuangan mempengaruhi aliran dana bisnis.

Kesalahan laporan keuangan biasanya terjadi karena adanya kekeliruan dalam menghitung catatan transaksi akibat dari catatan yang berantakan atau tercampur. Cara terbaik yang dapat lakukan yaitu dengan mencegah dan menghindari kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan.

Ketika Juragan menggunakan kategori, tampilan catatan transaksi Juragan akan terlihat jauh lebih rapi dan teratur. Sehingga Juragan tidak perlu khawatir akan tercampur atau keliru saat melihat tampilan dan menghitung catatan transaksi.

5. Pembukuan yang Jelas Dan Rapi Adalah Kunci Sukses Pertumbuhan (Mampu Mengembangkan Usaha)

Pembukuan yang rapi adalah senjata utama untuk mendapatkan modal tambahan dan ekspansi usaha. Dengan transaksi menggunakan kategori selama sebulan penuh, Juragan jadi dapat menentukan prioritas pengeluaran kedepannya. Pembukuan yang jelas membantu untuk menentukan proyeksi pengembangan usaha kedepannya.

Sebuah bisnis hendaknya memiliki pencatatan seluruh proses yang ada dalam bisnisnya. Data yang menyeluruh ini akan sangat menolong Juragan untuk mengamati perkembangan bisnis, mengetahui adanya kekurangan dalam sebuah proses, atau mengambil langkah strategi baru.

Pengembangan usaha bertujuan untuk mempertahankan usaha agar tetap produktif dan menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Dengan perkembangan usaha, orang-orang akan percaya bahwa produk dan layanan Juragan memiliki jaminan mutu yang baik.

Bagaimana manfaat dari wajib memilih kategori transaksi diatas? Penting banget kan buat Juragan supaya tahu kondisi keuangan dan bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Yuk, mulai pilih kategori transaksi sekarang juga!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download

Hubungi CS bukuwarung