Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Cara Memulai Bisnis Bubur Ayam Modal Kecil Untung Besar

Bisnis bubur ayam, sejak dahulu ternyata memberikan banyak keuntungan mengingat peluangnya yang cukup menarik animo masyarakat. Ya, bubur ayam adalah menu sarapan pagi yang disukai oleh hampir semua orang karena rasanya yang enak dan cocok disantap ketika pagi hari.

Banyaknya peminat bubur ayam menjadikan orang tertarik sekali berusaha di kuliner bubur ayam. Apakah Anda ingin sekali berbisnis bubur ayam? Jika ya, ikuti tips ini supaya usaha Anda lancar dan tidak sepi pembeli.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Tips Bisnis Bubur Ayam

1. Tentukan Lokasi Berjualan

Ketika Anda ingin berbisnis bubur ayam, maka pastikan jika Anda sudah cukup paham dengan lokasi yang hendak dijadikan tempat untuk berjualan. Mengetahui tempat untuk berjualan amatlah penting karena itulah yang akan menunjang bisnis ke depannya.

Ketika Anda salah dalam memilih lokasi berjualan, maka bubur ayam Anda bisa jadi sepi padahal rasanya sangat enak. Ya, rasa yang enak namun lokasinya tidak mendukung hanya membuat bubur ayam Anda jadi tidak laku.

Cobalah mencari lokasi yang sekiranya strategis dan berpotensi ramai dikunjungi seperti area kantor, kampus dan sekolah. Apabila memungkinkan, Anda bisa mencari lokasi di jalan yang ramai dilewati kendaraan karena akan ada banyak orang yang pastinya melihat warung Anda.

Baca Juga : 10 Franchise Lokal Untuk Jadi Inspirasi

Buat Toko Online Sendiri

Ketika Anda sudah yakin dengan lokasinya, maka coba deh perhatikan kebiasaan dari orang-orang yang membeli bubur. Umumnya makanan ini disantap sebagai sarapan, jadi pastikan jika Anda menjualnya di pagi hari. Perhatikan apakah lokasi yang Anda bidik ini setiap paginya ramai atau justru sepi.

2. Perhatikan Siapa Pesaing Anda

Bubur ayam merupakan sebuah usaha yang dijalankan oleh banyak orang dan setiap tempat rasanya akan selalu ada bisnis bubur ayam. Oleh sebab itu, maka Anda bisa teliti siapa pesaing bubur ayam di lokasi yang ada bidik.

Apakah ada pesaing atau tidak. Jika tidak ada, maka genjot pemasaran Anda supaya bubur ayam Anda banyak dikenal oleh orang-orang. Kalaupun ada, maka coba lihat apa yang sekiranya tidak dimiliki oleh pesaing, namun Anda memilikinya.

atur keuangan usaha

Jadikan apa yang tidak dimiliki oleh pesaing sebagai daya tarik bubur ayam Anda. Temukan peluang bisnis bubur ayam di sudut manapun dan manfaatkan sebagai keuntungan.

3. Buat Variasi Menu

Sadar tidak sih jika menu bubur ayam rata-rata itu-itu saja, isiny bubur dengan siraman kuah dan isian ayam, cakwai, kerupuk dan beberapa variasi topping lainnya. Nah, coba deh Anda membuat bubur ayam Anda terlihat berbeda.

Ya, Anda bisa membuat bisnis bubur ayam spesial yang menunya bervariasi sehingga orang yang beli tidak akan bosan dan bisa memilih menu yang berbeda-beda setiap harinya. Misal nih, jika umumnya bubur ayam diberi kuah kuning, coba Anda berikan kuah tomyum. Variasikan menu bubur ayam yang unik supaya orang ingin selalu datang ke kedai Anda.

atur keuangan usaha

Bisa juga Anda menjual dengan isian yang berbeda dari lainnya seperti udang, seafood atau apapun yang sekiranya membuat sajian bubur ayam Anda nampak unik.

Baca Juga : 11+ Ide Usaha Menguntungkan di Kampung

4. Tentukan  Harga

Hampir semua orang Indonesia pasti suka sekali dengan segala sesuatu yang mura-murah. Selain memvariasikan menu, maka Anda bisa mencoba taktik bermain harga ketika ingin menjual bubur ayam. Mengingat bubur ayam merupakan sebuah usaha kuliner yang bisa dibilang menjanjikan, maka Anda perlu menentukan harga dengan sebijak mungkin.

Cobalah untuk mematok harga yang murah namun tetap perhatikan rasanya. Mungkin Anda bisa memberikan porsi bubur yang lebih sedikit untuk menekan harganya. Jika rasanya enak, pasti orang tidak akan segan kok untuk kembali lagi. Nantinya, jika Anda sudah menjaring banyak pelanggan, maka naikkan harga bubur ayam sedikit demi sedikit.

5. Selalu Perhatikan Kualitas Bubur Ayam Anda

Dengan semakin banyaknya pesaing yang menjual bubur ayam hari ini, maka pastikan bahwa Anda terus menjaga kualitas bubur ayam Anda. Kualitas yang dimaksud di sini tidak hanya soal rasa saja, ya! Anda juga perlu perhatikan masalah tempat dan layanan kepada pelanggan.

Cobalah untuk selalu rajin membersihkan tempat makan Anda supaya orang tidak merasa jijik. Tempat yang kotor hanya membuat orang tidak nyaman untuk makan di tempat. Selain itu, Anda juga perlu bersikap ramah kepada siapapun yang datang.

Baca Juga : 5 Ide Bisnis Modal HP Bisa Cuan

6. Siapkan Modal yang Cukup

Ketika menjalankan sebuah usaha, maka modal adalah hal penting yang perlu dipersiapkan. Nah, Anda perlu siapkan modal ini, dengan menulis list apa saja yang perlu dibeli. Beberapa peralatan yang harus dibeli oleh seorang pemula dalam membuat bisnis bubur ayam adalah :

  • Tenda Rp 500.000
  • Gerobak  Rp 5 juta
  • Panci besar, alat pengaduk, toples dll Rp 1 juta
  • Peralatan makan  Rp 300.000
  • Meja dan kursi Rp 1 juta.
  • Bahan baku selama 1 bulan  Rp 7 juta mulai dari beras, daging ayam, sayuran, bumbu-bumbu dan telut

Siapkan semua hal di atas dengan matang jika Anda ingin bisnis bubur ayam tetap laris manis di pasaran!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download