Download Gratis
Butuh bantuan?

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan

Baru pertama kali akan memulai usaha laundry? ✅ Coba simak tips membuka usaha laundry kiloan untuk pemula berikut ini agar berhasil.

Mencuci pakaian merupakan salah satu aktivitas yang cukup melelahkan. Apalagi jika dilakukan dengan cara manual, waktu yang diperlukan pun sangat lama. Itulah mengapa bisnis usaha laundry menjamur di masyarakat.

Orang-orang seperti pekerja dan mahasiswa sering tidak punya waktu untuk mencuci. Sehingga jasa laundry menjadi solusi untuk mengatasi masalah pakaian kotor.

Jika Anda ingin berbisnis, cobalah usaha laundry. Kami memiliki beberapa tips yang dapat membantu Anda memulai usaha.

Silakan simak ulasan dari BukuWarung dibawah ini hingga selesai dan alasan kenapa sih Anda harus menjalankan usaha laundry?

Alasan Memilih Bisnis Laundry Kiloan

Alasan Memilih Bisnis Laundry Kiloan
unsplash.com

Terdapat banyak pilihan jenis laundry yang ada, antara lain laundry kiloan, laundry boneka, laundry sepatu, dan lain sebagainya. Pada kesempatan ini, kami akan berfokus pada pembahasan tentang laundry kiloan.

Mengapa?

Jangkauan pasar laundry kiloan sangat luas dan universal. Hampir semua kalangan dapat Anda jadikan sebagai target pasar, antara lain mahasiswa dan pekerja atau karyawan.

 

1. Mahasiswa

mahasiswa sebagai target pasar laundry kiloan
unsplash.com

Di sekitar kampus umumnya banyak ditemui rumah-rumah indekos dan kontrakan. Rumah inilah yang menjadi tempat tinggal yang berasal dari luar kota.

Sebagian dari mereka tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk mencuci pakaian, sebagian lainnya tidak punya waktu untuk mencuci karena disibukkan oleh aktivitas kuliah dan organisasi. Sedangkan sebagian kecil lainnya memang malas.

Kondisi mahasiswa di atas bisa Anda jadikan sebagai peluang untuk membuka usaha laundry pakaian. Jasa inilah yang dibutuhkan mahasiswa untuk membuat pakaian mereka kembali bersih dan wangi.

 

2. Pekerja atau Karyawan

Pekerja atau Karyawan sebagai target pasar usaha laundry kiloan
pexels.com

Di kota besar yang menjadi pusat industri biasanya juga dijumpai rumah indekos dan kontrakan. Rumah ini pula yang menjadi tempat tinggal bagi pekerja atau karyawan.

Umumnya, pekerja menghabiskan waktu paling cepat 8 jam berada di kantor atau tempat kerja lain.

Efek lelah karena bekerja seharian penuh membuat pekerja tidak bisa mengurus pakaian kotornya. Mereka pun jarang memiliki waktu luang.

Mulailah usaha laundry di kawasan yang dihuni oleh banyak pekerja. Mereka akan menyambutnya dengan baik.

Baca Juga : Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga


Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan yang Sukses

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan yg Sukses
pexels.com

Sudah paham mengapa laundry kiloan adalah pilihan yang tepat? berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memulai bisnis laundry kiloan.

 

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan yang Sukses dengan memilih lokasi yang tepat

Tips pertama yang bisa Anda sebelum memulai laundry kiloan adalah menentukan lokasi yang tepat.

Carilah lokasi yang memiliki banyak mahasiswa maupun karyawan yang menjadi target pasar Anda.

Penentuan lokasi ini juga akan sangat berpengaruh dalam penyediaan modal, pastikan lokasi yang Anda pilih strategis dan mudah untuk dijangkau.

Baca juga: Peluang Usaha Jasa Tanpa Modal

2. Tentukan Harga

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan yang Sukses dengan menentukan harga
pexels.com

Harga merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi bisnis kiloan, terlebih ketika sudah ada usaha serupa di wilayah yang Anda pakai untuk usaha.

Pastikan harga jasa yang Anda tawarkan terjangkau dan tidak jauh dari harga pasaran. Untuk mempermudah Anda dalam menentukan harga, dan ada baiknya sih lakukan survei terlebih dahulu.

 

3. Tingkatkan Mutu Pelayanan

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan yang Sukses dengan meningkatkan mutu pelayanan
unsplash.com

Harga terjangkau bukanlah satu-satunya daya tarik laundry kiloan. Pelanggan juga sangat memperhatikan kualitas pelayanan yang Anda berikan.

Pekerjakan pula orang yang kompeten dalam bidang ini. Semakin baik mutu pelayanannya, pelanggan akan semakin senang, Mereka pun tidak enggan untuk datang kembali.

Berikan juga pelayanan terbaik misalnya mencuci dengan bersih dan wangi.

 

4. Perhatikan Waktu

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan yang Sukses dengan memperhatikan waktu
pexels.com

Ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan sangat penting dalam bisnis laundry.

Sebagian besar pelanggan merupakan orang yang sibuk dan tidak punya banyak waktu, lalu usaha laundry Anda hadir sebagai solusi.

Jangan sampai Anda mengecewakan para pelanggan dengan membuat mereka menunggu lebih lama untuk mendapatkan pakaian yang bersih dan wangi.

 

5. Berikan Variasi Pelayanan

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan yang Sukses dengan memberi variasi layanan
pexels.com

Bisnis yang akan Anda jalankan adalah laundry kiloan. Namun Anda sebaiknya jangan berpatok pada satu jenis layanan saja.

Pelanggan memiliki kebutuhan lain terkait dengan laundry. Tak ada salahnya jika Anda menawarkan layanan lain, misalnya pelanggan bebas memilih parfum yang digunakan.

Anda juga bisa membuat paket-paket layanan berdasarkan durasi pengerjaannya.

 

6. Berhati-hati dengan Pakaian Konsumen

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan yang Sukses dengan berhati hati dengan pakaian konsumen

Perlakukanlah pakaian konsumen layaknya merawat pakaian terbaik Anda. Hal ini harus dilakukan supaya pakaian milik pelanggan tetap dalam keadaan baik dan tidak rusak.

Bacalah label perawatan pakaian sebelum mulai mencuci, pastikan juga warna pakaian tidak luntur dengan tidak mencampurkan pakaian berwarna dengan pakaian putih dan hindari hal-hal yang dapat merusak pakaian pelanggan.

 

7. Pemasaran

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan yang Sukses dengan pemasaran

Diperlukan trik yang tepat dalam merintis sebuah bisnis. Anda wajib melakukan teknik pemasaran yang tepat untuk mengenalkan usaha Anda kepada masyarakat.

Lakukanlah pemasaran melalui media sosial dan pembagian brosur, cara ini dapat Anda lakukan sebelum memulai Usaha Laundry dan selama masa awal pembukaan.

Memberikan promosi juga dapat menarik calon pelanggan baru.

Baca juga: Peluang Bisnis Online 2020

 

8. Jangan Lupakan Pembukuan

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan yang Sukses dengan melakukan pembukuan
unsplash.com

Melakukan pembukuan laundry  sangat penting ketika menjalankan usaha ini, karena supaya berfungsi untuk mencatat seluruh transaksi yang telah berjalan.

Anda dapat melihat keadaan bisnis Anda apakah mengalami keuntungan atau kerugian, data ini juga bisa Anda pakai sebagai bahan evaluasi pengembangan bisnis.

Tak hanya itu, dengan adanya pencatatan yang teratur, kebocoran dana tak terduga bisa dicegah.

Semakin berkembangnya zaman, maka semakin banyak juga cara untuk melakukan pencatatan keuangan, bahkan sekarang Anda bisa melakukan pencatatan keuangan hanya by phone.

Aplikasi BukuWarung mungkin bisa jadi solusi, terutama untuk Anda yang memiliki bisnis laundry kiloan, Anda bisa lakukan pencatatan keuangan dan utang secara praktis dan efisien.

Jika anda penasaran, anda bisa download dan coba aplikasi BukuWarung di link berikut ini.

Download Aplikasi BukuWarung


Intinya bisnis yang sukses dimulai dengan persiapan yang matang. Siapkanlah segala yang dibutuhkan sebelum memulai Usaha Laundry.

Jangan segan juga untuk bertanya pada orang yang sudah terlebih dahulu terjun di bisnis laundry kiloan sebab pengalaman merupakan guru terbaik.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download