Download Gratis
Butuh bantuan?

9 Langkah Tepat Agar Jualan Warung Sembako Laku

Bahan makanan menjadi salah satu faktor yang penting bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini menyebabkan jenis usaha warung sembako menjadi suatu pemandangan yang lumrah kita jumpai mulai dari perkotaan hingga pedesaan.

Terdapat potensi keuntungan yang dapat juragan raih jika dijalankan secara tekun dan penuh kesabaran. Peranan pemilihan supplier yang pas untuk bisnis warung sembako juga menjadi penting.

Membuka usaha Warung Sembako saat ini juga semakin mudah karena dapat dijalankan dengan modal yang kecil

Berikut dibawah ini 9 cara sederhana namun memiliki peranan yang penting untuk usaha Warung Sembako juragan:

Table of Contents

1. Modal Usaha

Modal yang juragan butuhkan dapat menyesuaikan dengan seberapa warung sembako yang ingin anda buat yang meliputi stok barang, gaji karyawan, hingga dekorasi Warung Sembako.

Untuk kebutuhan modal usaha, BukuWarung memiliki Pelayanan Keuangan yang dapat membantu juragan secara mudah, aman, dan nyaman yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Pahami Kondisi Lokasi Usaha

Lokasi yang strategis untuk usaha Warung Sembako bisa di pinggir jalan yang sering dilewati orang, memiliki visibilitas yang baik dan dekat dengan pemukiman penduduk.

Selain itu, Juragan juga dapat memastikan ketika pelanggan berbelanja, area usaha Warung Sembako sudah cukup tertutup agar terhindar dari panas maupun dingin ketika hujan.

3. Survei Target Pasar

Juragan perlu mengetahui siapa saja yang akan menjadi target pasar Warung anda, dengan melakukan riset atau survei pasar untuk mengetahui harga produk sembako di wilayah anda akan berjualan.

Pada umumnya, pelanggan warung sembako ialah yang berasal dari kalangan menengah sampai kebawah, dengan menyasar seperti ibu rumah tangga, penghuni kost-an, anak-anak / remaja, dan penduduk sekitar yang sering lalu lalang melewati Warung Sembako Juragan.

4. Pemilihan Produk Warung

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan produk Warung Sembako seperti budaya / kebiasaan masyarakat sebagai konsumen, daya beli dan adanya perilaku utang, serta permodalan usaha.

Kami merangkum 20 produk Warung Sembako yang paling laku dijumpai di Indonesia:

Minyak Goreng, Beras, Telur Ayam, Mie Instan, Tepung Terigu, Gula dan Garam, Air Mineral, Minuman Kemasan, Kopi Instan, Makanan Kalengan, Cemilan Makanan Ringan, Bumbu Masakan, Peralatan Mandi, Peralatan Cucian, Gas 3 kg, Popok Bayi, Pembalut, Rokok, Semprotan Nyamuk, Produk Digital.

5. Harga Jual Produk Dengan Kualitas Seimbang

Persentase laba rendah yang baik ialah di kisaran 10-15% tergantung jenis produk dan harga dari supplier. Sebagai contoh jika produk gula grosir 1kg dari supplier sebesar Rp 10.000, maka anda dapat menjualnya kembali dengan harga Rp 11.000 – 11.500.

Sementara itu, metode harga jual tanggung dapat berhubungan dengan harga jual yang dilakukan oleh pesaing anda. Sebagai contoh, jika Warung pesaing menjual besar ½ liter sebesar Rp 6.500, anda dapat menjual dengan harga Rp 6.400 atau Rp 6.300. Selisih harga tersebut bisa mempengaruhi keputusan calon konsumen yang akan berbelanja.

6. Menjaga Kualitas Produk Sembako

Supplier yang terpercaya akan meningkatkan kemungkinan juragan untuk terus berlangganan dengan supplier tersebut sebagai pemasok produk Warung Sembako.

Cara untuk bisa memastikan cukup mudah dengan selalu melakukan pengecekan kemasan atau kondisi barang ketika menerima dari supplier secara konsisten dan ketika produk sudah berada di bagian ruang penyimpanan secara berkala.

7. Memastikan Stok Produk Aman

Juragan perlu mencari supplier yang dapat menjamin distribusi stok produk sembako anda dengan harga terjangkau namun perlu juga memastikan dari aspek kualitas barang

Hal tersebut bertujuan agar Warung Sembako juragan selalu siap ketika ada permintaan dari pelanggan sekaligus menjaga cash flow pengeluaran untuk stok barang.

8. Melakukan Pembukuan Usaha

Pembukuan yang efektif dan efisien dapat berguna agar dapat memperhitungkan kondisi keuangan usaha Warung Sembako juragan.

Pembukuan usaha juga nantinya akan memberikan catatan laporan penjualan produk sembako, sehingga juragan dapat mengetahui jenis produk yang laku dan yang kurang berkontribusi menghasilkan keuntungan.

9. Menjaga & Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Salah satu cara yang ampuh yang pertama ialah dengan mencoba bersikap ramah dan menciptakan suasana jual beli yang positif.

Selain itu juragan bisa menambahkan pelayanan lain seperti menyediakan jasa antar gas ke rumah pelanggan atau menjual berbagai produk digital.

Demikianlah 9 langkah jitu untuk memperlancar bisnis usaha Warung Sembako. Juragan dapat memanfaatkan BukuWarung sebagai aplikasi keuangan UMKM yang lengkap, yang menyediakan layanan pembayaran secara praktis gak pake lama dengan keamanan terjamin, Alat pembayaran QRIS, pencatatan keuangan usaha, penyediaan program Solusi Modal Usaha dengan biaya admin yang rendah dan proses pengajuan yang cepat, hingga Fitur Talangin Dulu dengan jumlah saldo atau kredit sesuai pilihan dan bisa pilih tenggat waktu yang tersedia.

7+ Juta Juragan Telah Menggunakan BukuWarung

Ayo Kembangkan Bisnis Warung Sembako Juragan Di BukuWarung!

Temukan artikel ide menarik untuk Bisnis Warung Sembako Juragan dibawah ini

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download